Laman

Cari disini

Rabu, 22 Februari 2012

INGIN MENGETAHUI PROFIL KEPRIBADIAN ANDA!!!


                                           PROFIL KEPRIBADIAN ANDA
Nama             Sekolah                   : ___________________
Kelas              Diisi tanggal            : ___________________
                       
Berilah jawaban yang sesuai dengan keberadaab Anda dengan memberi angka satu (1)     
di bawah huruf A, B, C, dan D  sesuai dengan pilihan Anda yang cocok.        
PERTANYAAN A B C D
1 a. Ketika berbicara saya banyak menggunakan isyarat tangan dan wajah   1    
b. saya memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan teliti.
c. Saya bisa menemukan segi positif dari setiap keadaan dan menerimanya.
d. Saya menikmati kegiatan yang penuh tantangan (mis. Mendaki gunung)
2 a. Saya banyak bicara dan terkadang berlebihan dalam bercerita. 1      
b. Saya cenderung pemalu dan tidak mudah mendekati orang lain.
c. Saya jarang menunjukkan perasaan saya karena tidak ingin konflik dengan
    orang lain          
d. Saya cenderung memerintah dan bersikap menguasai.  
3 a. Saya senang bercanda dan menikmati bermain-main.     1    
b. Setiap tugas yang diberikan kepada saya harus saya selesaikan dengan 
    sebaik mungkin.        
c. Saya lebih suka mengalah dan diam dari pada harus bertengkar dng org lain
d. saya mampu mempengaruhi dan meyakinkan org lain dgn logika & fakta
4 a. Kamar saya selalu berantakan dan saya sering datang terlambat dalam    1    
    setiap acara.          
b. Tidak mudah untuk melupakan sakit hati dan kekecewaan yang saya alami.
c. Tidak ada suatu bidang/hobi khusus yang sangat saya sukai/minati.
d. Demi keberhasilan tugas, saya harus tegas dan tidak takut membuat orang
    lain tersinggung.        
5 a. Saya tidak pernah kesulitan mencari teman dan selalu ingin menyenang- 1      
    kan mereka.          
b. Saya senang bisa berkorban demi orang yang saya kasihi.  
c. Saya tidak suka berdebat dan cenderung berpikir bahwa pendapat orang
    lain ada benarnya.        
d. Kalau menginginkan sesuatu, saya berusaha keras untuk mendapatkannya.
6 a. Saya senang berbicara dan tanpa sadar mengulang-ulang cerita yg sama 1      
b. Saya mudah tersinggung dan lebih sering menyimpannya dalam hati.
c. Saya cenderung pendiam dan tidak banyak terlibat dalam keg. Organisasi
d. Tidak mudah bagi saya untuk menerima dan mengikuti pendapat org lain.
7 a. Tidak sulit bagi saya untuk membuat orang lain tertarik dan menyukai saya.   1    
b. Sedapat mungkin saya selalu berusaha agar orang lain tidak tersinggung.
c. Saya hampir selalu dapat mengendalikan perasaan dan sikap saya.
d. Saya sulit menikmati kegiatan-2 yang sifatnya kompetitif.  
8 a. Saya cenderung pelupa dan tidak teliti.     1      
b. Bagi saya kesalahan sekecil apapun harus dibenahi/diperbaiki.
c. Saya sering diganggu perasaan kuatir sehingga kurang bisa tegas.
d. Saya tidak suka berbasa-basi dan tidak segan untuk berbicara blak-blakan.
9 a. Biasanya saya selalu berhasil membuat suasana menjadi segar dan       1
    menyenangkan.        
b. Saya banyak dipengaruhi oleh orang-orang yang saya kagumi.
c. Bagi saya lebih baik sedikit repot menyediakan cadangan daripada 
    mengalami kesulitan        
d. Saya cenderung tidak sabar dalam menghadapi orang lain.  
10 a. Tidak jarang saya memotong pembicaraan orang dan menggantinya dengan   1    
    cerita saya.          
b. Saya mudah merasa sedih dan minder karena kekurangan saya.
c. Karena terlalu banyak pertimbangan sehingga saya kesulitan dalam me-
    ngambil keputusan.        
d. Saya cenderung tidak sabar dalam menghadapi orang lain.  
11 a. Saya menikmati kesibukan dan selalu ingin terlibat banyak kegiatan yang   1    
    menyenangkan.        
b. Sering saya bisa membaca perasaan orang lain meskipun tidak dia ungkapkan
c. Saya mudah merasa puas dengan apa yang telah saya capai dan saya 
    bukan orang ambisius        
d. Saya selalu yakin dengan apa yang saya lakukan dan tidak perlu mengandal-
    kan orang lain.          
12 a. Perasaan saya mudah sekali berubah (sebentar sedih-saat berikutnya bisa 1      
    tertawa)          
b. Tidak mudah bagi saya untuk mendapat banyak teman.  
c. Saya lebih suka menjadi penonton dan kurang tertarik untuk terlibat dalam
    banyak kegiatan        
d. Sulit bagi saya untuk menyatakan rasa sayang secara terbuka.
13 a. Saya mampu membuat orang lain tertarik & bergabung dng kegiatan saya. 1      
b. Saya menyukai kegiatan perencanaan daripada terlibat kegt. langsung lapangan.
c. Saya memiliki toleransi besar terhadap kesalahan/kelemahan orang lain.
d. Saya punya keyakinan besar bahwa apa yang saya lakukan akan berhasil baik
14 a. Dalam melakukan banyak hal saya tidak merencanakan lebih dulu 1      
b. Sulit bagi saya untuk berkompromi dengan kesalahan & ketidakberesan
c. Saya mudah bimbang dan seringkali kurang cepat bertindak  
d. Saya cenderung menuntut orang lain untuk melakukan apa yang saya inginkan
15 a. Keputusan yang saya ambil sering secara spontan/tanpa rencana 1      
b. Saya selalu membuat jadwal kegiatan dan melakukannya secara terinci.
c. Saya tidak mudah terpancing untuk membicarakan orang lain.
d. Saya jarang sekali merasa ragu-ragu dan tidak mudah terpengaruh orang lain
16 a. Agak sulit bagi saya untuk berkata tidak/menolak permintaan orang lain. 1      
b. Saya cenderung melihat sisi buruk dari suatu keadaan dan kurang optimis
c. Saya cenderung tidak menonjol, tidak hebat tapi juga tidak buruk.
d. Saya adalah orang yang pantas dihargai dan saya bangga dengan diri saya sendiri
17 a. Saya selalu yakin segala sesuatu akan berakhir dng. baik & tidak terlalu dipikirkan 1      
b. Saya selalu mengatur segala sesuatu dengan sistematis dan mengikuti 
    aturan tertentu          
c. Saya senang memulai pembicaraan dengan orang lain walau baru kenal.
d. Saya lebih suka menyatakan pendapat saya secara terang-terangan.
18 a. Kalau marah saya suka ngambek tapi biasanya tidak pernah lama.       1  
b. Sering kali saya merasa terasing dan tidak bisa menyatu dengan teman-teman.
c. Saya cenderung menikmati kehidupan apa adanya/tidak terlalu menuntut.
d. Saya senang berdebat untuk membuktikan kebenaran pendapat saya.
19 a. Saya senang bergurau dan punya kemampuan berceritera secara menarik. 1      
b. Saya tidak akan mengkhianati orang yang mempercayai saya.  
c. Saya mudah berteman dan mudah mendekati orang lain.  
d. Saya mampu meyakinkan dan mempengaruhi orang untuk mengikuti kata-kata saya.
20 a. Bagi saya hidup perlu dinikmati dan tidak perlu dipikir dalam.     1    
b. Dalam banyak hal saya cenderung berpikir negatif dan mudah kehilangan harapan.
c. Saya tidak suka mencampuri masalah yang bukan urusan saya sehingga terkesan cuek
d. Seringkali saya mengalami kesulitan karena terlalu yakin/kurang pertimbangan.
21 a. Bagi saya hidup itu santai saja tidak terlalu memikirkan masalah yang sedang atau   1    
    sudah terjadi.          
b. Saya selalu memikirkan segala sesuatu secara detail dan terinci.  
c. Saya mampu menghadapi berbagai watak orang dengan baik.  
d. Saya jarang merasa takut untuk mengambil resiko.    
22 a. Saya sangat menikmati saat mendapat penghargaan & pujian orang banyak.     1  
b. Saya senang menyendiri dan menikmati kesendirian tersebut.  
c. Saya mudah merasa kuatir, gelisah dan tidak yakin dengan apa yang saya kerjakan.
d. Bagi saya hidup adalah aktifitas dan saya merasa bersalah jika tidak melakukan apa-2
23 a. Saya adalah orang yang periang dan tidak mudah diganggu oleh kesedihan.   1    
b. Saya menikmati dan terlibat dalam kegiatan seni atau ilmiah.  
c. Dalam keadaan yang kritis/gawat sekalipun biasanya saya masih dapat tenang.
d. Saya punya rasa percaya diri dan keyakinan diri yang kuat.  
24 a. Saya lebih suka berbicara daripada mendengarkan orang lain berbicara.     1  
b. Mudah sekali bagi saya untuk merasa tersentuh atau tersinggung.  
c. Bila dihadapkan pada kesulitan, saya cenderung memilih mundur/menghindar.
d. Kata dan sikap saya sering membuat orang lain tersinggung dan marah.
25 a. Biasanya saya mampu mendorong orang lain melakukan kegiatan.   1      
b. Saya selalu menetapkan standart tinggi dan segala hal dikerjakan dengan sempurna
c. Saya cenderung menghindari kata-kata dari sikap yang dapat menyakiti orang lain.
d. Saya tidak suka bergantung pada orang lain dan bisa melakukan segala sesuatu sdri.
26 a. Sulit bagi saya untuk menjaga agar barang-barang saya tetap rapi.     1    
b. Saya mudah merasa tertekan dan tidak bahagia    
c. Saya sering merasa ragu dengan kemampuan saya sendiri.  
d. Seringkali saya ikut mengatur hal-hal yang bukan wewenang saya.  
27 a. Sulit bagi saya untuk menyatakan rasa sayang saya pada orang lain.               1    
b. Saya selalu memikirkan dan mengerjakan segala sesuatu secara detail & mendalam
c. Biasanya saya bisa membuat orang lain tertawa hanya dengan sedikit kata-kata.
d. Tidak sulit bagi saya untuk mengambil keputusan secara cepat.  
28 a. Saya cenderung bertindak yang tidak konsisten (menetap) dan sering bertindak 1      
    emosional.          
b. Sulit sekali bagi saya untuk membuka diri dengan orang lain.  
c. Bagi saya tidak ada hal yang terlalu penting.            
d. Sulit sekali bagi saya untuk menerima dan mengikuti pandangan/pemikiran orang lain
29 a. Saya menyukai acara rekreasi, pesta dan kegiatan yang dapat bertemu dengan 1      
    orang banyak.          
b. Ketika mendengarkan musik, saya mampu menikmati dan menangkap maknanya.
c. Saya mampu menjadi penengah jika terjadi pertikaian/konflik  
d. Sejak kecil saya cenderung menjadi pemimpin yang menggerakkan kelompok.
30 a. Saya sering kehilangan kebiasaan saya meletakkan barang di sembarang tempat 1      
b. Saya mudah kehilangan semangat bila merasa gagal/tidak dihargai.  
c. Ketika berbicara saya cenderung bergumam/tidak jelas dan tidak banyak berkata-kata.
d. Demi mencapai target/tujuan, saya cenderung menggunakan berbagai cara.
31 a. Berada di antara orang-2 yang tidak suka berbicara membuat saya tidak kerasan. 1      
b. Saya selalu ingat hari ulang tahun teman-teman dan keluarga saya.  
c. Meskipun tidak selalu setuju, saya menghargai dan menerima pendapat orang lain.
d. Saya tidak mudah menyerah dan cenderung keras kepala.  
32 a. Saya senang menjadi pusat perhatian dan menikmati kesempatan untuk tampil.   1    
b. Tidak mudah bagi saya untuk mempercayai orang lain.    
c. Saya cenderung menunda-nunda pekerjaan dan tidak cepat bertindak.
d. Saya tidak mudah dibujuk untuk mengubah keputusan saya.  
33 a. Saya adalah orang bahagia dan menikmati kehidupan saya.     1    
b. Terhadap pekerjaan ataupun orang yang saya kasihi, saya cenderung bersikap setia/loyal
c. Saya senang mendengarkan keluhan/masalah orang lain dan menjadi pendengar yang baik
d. Rasanya saya dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin.  
34 a. Ketika berbicara/tertawa, biasanya suara saya terdengar paling keras.       1
b. Saya cenderung menghindari orang lain dan lebih suka tidak terganggu.
c. Saya agak malas dan cenderung menghindari kerja berat.  
d. Saya cenderung suka memerintah dan mengatur orang.  
35 a. Sejak kecil saya sering dijuluki anak yang manis dan menyenangkan.   1    
b. Saya senang mengerjakan tugas yang berhubungan dengan grafik, data dan format.
c. Saya mudah puas dengan apa yang saya miliki dan jarang merasa iri.
d. Saya mampu mengendalikan dan mengatur agar suatu tugas dikerjakan secara efisien.
36 a. Sulit sekali bagi saya untuk berkonsentrasi mengerjakan sesuatu dalam waktu lama.   1    
b. Saya mudah curiga dan seringkali merasa kurang disukai oleh orang lain.
c. Untuk memulai sesuatu saya seringkali memerlukan dorongan/motivasi dari orang lain
d. Saya mudah marah dan tidak sabar menghadapi orang lamban.  
37 a. Saya disukai dan dikenal di antara kawan-kawan saya.       1    
b. Saya selalu ingin bahwa semua yang saya & orang lain kerjakan berhasil dengan sempurna
c. Tidak sulit bagi saya untuk terbuka dan bercerita tentang diri saya kepada orang lain.
d. Saya merasa harus selalu berbuat sesuatu dan menghasilkan suatu karya.
38 a. Saya mudah merasa bosan dengan kegiatan yang monoton (itu-itu saja). 1      
b. Saya selalu mengingat kesalahan orang dan membalasnya dengan cara saya sendiri.
c. Saya cenderung menghindari situasi/tugas yang mengandung resiko.  
d. Saya sering mengalami kesulitan karena bertindak tergesa-gesa/kurang pertimbangan.
39 a. Saya jarang sekali merasa kelelahan dan selalu menikmati kesibukan.   1    
b. Saya selalu berusaha bersikap dan bertingkahlaku sebaik mungkin.  
c. Saya tidak mudah terganggu dan kehilangan ketenangan dalam segala keadaan.
d. Saya jarang merasa takut dan menikmati situasi yang menegangkan.
40 a. Saya mudah menyesuaikan diri dengan perubahan dan situasi baru.   1      
b. Saya cenderung mudah mengkritik orang lain maupun diri sendiri.  
c. Meskipun merasa benar, saya lebih suka tidak memambantah dari pada harus bertengkar.
d. Saya selalu bisa menemukan cara untuk mencapai apa yang saya inginkan 
Total H P S A
18 17 3 2
 
TEMPERAMEN SCORE KETERANGAN
KARAKTER MASALAH DALAM BEKERJA SEBAGAI TEMAN
Sanguin 18 1. Menarik   1. Berlebihan 1. Tidak sistematis 1. Mudah berteman      
2. Banyak bicara 2. Egosentris 2. Suka relawan 2. Hangat      
3. Suka bercanda 3. Cepat bosan 3. Kreatif / 3. Disukai        
4. Antusias 4. Pelupa       Inovatif 4. Mudah iba/      
5. Ekspresif 5. Sulit diandalkan 4. Mengilhami     jatuh sayang      
6. Periang   6. Ceroboh       orang 5. Suka dipuji      
7. Selalu ingin tahu 7. Mudah meledak 5. Cemerlang 6. Cepat minta maaf      
8. Lugu/tulus 8. Tidak tertib     di awal 7. Bukan pendengar      
9. Kekanakan 9. Tidak berpikir  6. Tidak tekun     yang baik      
10. Demonstratif      panjang     8. Senang hura-hura      
11. Pragmatis       9. Cenderung kurang      
12. Fleksibel           setia      
13. Emosional              
Melankolis 17 1. Serius   1. Negatif thinking 1. Teratur 1. Hati-2 dlm berteman      
2. Analitis   2. Pemurung 2. Terjadwal 2. Pasif      
3. Tekun   3. Mudah tertekan 3. Standard tinggi 3. Menghindari perhatian      
4. Berbakat 4. Sulit merasa puas 4. Disiplin 4. Loyal/setia      
5. Artistik   5. Mudah tersinggung 5. Tertib 5. Mau mendengar      
6. Sensitif/   6. Citra diri rendah 6. Rapi    keluhan      
    Peka perasaan 7. Kurang realistis 7. Cepat melihat 6. Sedia menolong yang      
7. Suka berkorban 8. Suka mengkritik     masalah     sedih      
8. Idealis       8. Tekun sampai 7. Mudah terharu      
9. Perfeksionis         selesai 8. Mdh hanyut perasaan      
10. Tertib/Cermat     9. Eksploratif 9. Sangat perhatian      
11. Tertutup/     10. Investigatif 10. Mudah tersinggung      
      Introvet     11. Teliti 12 Pendendam      
Phlegmatis 3 1. Rendah hati 1. Pasif   1. Cakap dan mantap 1. Mudah dapat teman      
2. Mudah bergaul 2. Lamban   2. Menjaga suasana 2. Pendengar yang baik      
3. Tenang / santai 3. Konservatif/kolot 3. Berpikir panjang 3. Menjaga perasaan      
4. Sabar / stabil 4. Menghindari resiko 4. Cenderung me- 4. Menghindari konflik      
5. Simpatik/baik hati 5. Kurang tegas     nunda 5. Sabar      
6. Mengendalikan 6. Pesimis   5. Menghindari 6. Suka mengalah      
    emosi   7. Kurang motivasi     kesulitan 7. Tidak suka terlibat      
7. Menerima keadaan 8. Kurang daya juang 6. Tdk mudah kacau 8. Suka mengamati orang      
8. Konsisten /     7. Lambat bertindak 9. Selera humor meng-      
    terus menerus     8. Mau belajar     gigit      
9. Sangat efisien/     9. Bakat administrasi 10. Berpikir positif      
10. Ingatan kuat     10. Tekun/telaten       terhadap orang      
11. Logis/msk akal     11. Teliti 11. Kurang romantis      
Kolerik 2 1. Berbakat memimpin 1. Kaku   1. Berorientasi target 1. Bersikap memimpin      
2. Aktif / Dinamis 2. Keras/agak kasar 2. Terorganisir 2. Dominan/menonjol      
3. Berkemauan kuat 3. Kurang menghargai 3. Cepat bertindak 3. Mengarah otoriter      
4. Ulet      orang   4. Praktis 4. Tidak butuh teman      
5. Tegas   4. Suka memanipulasi 5. Mendelegasikan 5. kurang peka perasaan      
6. Berani / tabah 5. Kurang sabar     pekerjaan 6. tidak ekspresif      
7. Rasional / logis 6. Menghalalkan segala 6. Berpikir positif 7. selalu merasa benar      
8. Realistis      cara   7. Suka bersain 8. bersikap meremehkan      
9. Optimis   7. Ambigius   8. Yakin terhadap        
10. Mandiri   8. Kurang teliti     usahanya        
11. Percaya diri 9. Cenderung sombong 9. Tidak tekun/tlaten        
    10. Angkuh   10. Workaholik        
                 
                         
  G  R  A  F  I  K        
 
                       
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
  SANGUIN MELANKOLIS PHLEGMATIS        KOLERIK        
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar