TEST MINAT KEPRIBADIAN & KARIR | ||||||||||||||||||||||||||||||
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memberi angka 1 pada kolom di bawah jawaban YA (bila jawaban | ||||||||||||||||||||||||||||||
anda sesuai/senang/pernah melakukan) dan TDK (bila jawaban tidak sesuai/tidak senang) | ||||||||||||||||||||||||||||||
NO | SOAL - SOAL | JAWABAN | ||||||||||||||||||||||||||||
YA | TDK | |||||||||||||||||||||||||||||
KEGIATAN | ||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Memperbaiki barang-barang elektronik | |||||||||||||||||||||||||||||
2 | Memperbaiki mobil | |||||||||||||||||||||||||||||
3 | Memperbaiki barang-barang mekanik | |||||||||||||||||||||||||||||
4 | membuat barang-barang dari kayu | |||||||||||||||||||||||||||||
5 | mengemudikan truk/traktor | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
6 | Menggunakan alat-alat perbengkelan | |||||||||||||||||||||||||||||
7 | Pekerjaan yang berhubungan dengan motor / mobil balap | |||||||||||||||||||||||||||||
8 | Mengikuti pelatihan perbengkelan/reparasi | |||||||||||||||||||||||||||||
9 | Mengikuti pelatihan menggambar mekanik | |||||||||||||||||||||||||||||
10 | Mengikuti pelatihan pertukangan (kayu) | |||||||||||||||||||||||||||||
11 | Mengikuti pelatihan montir mobil | |||||||||||||||||||||||||||||
12 | Membaca buku/majalah ilmiah | |||||||||||||||||||||||||||||
13 | Bekerja di laboratorium | |||||||||||||||||||||||||||||
14 | Bekerja dalam suatu proyek ilmiah | |||||||||||||||||||||||||||||
15 | membuat miniatur rumah atau model pesawat | |||||||||||||||||||||||||||||
16 | Bekerja dengan perangkat kimia | |||||||||||||||||||||||||||||
17 | Membaca tentang topik-topik yang menarik buat saya | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
18 | Memecahkan persoalan matematika atau problem catur | |||||||||||||||||||||||||||||
19 | Mengikuti kursus fisika | |||||||||||||||||||||||||||||
20 | Mengikuti kursus kimia | |||||||||||||||||||||||||||||
21 | Mengikuti kursus geometri | |||||||||||||||||||||||||||||
22 | Mengikuti kursus biologi | |||||||||||||||||||||||||||||
23 | Membuat sketsa, menggambar, atau melukis | |||||||||||||||||||||||||||||
24 | Menghadiri pertunjukan drama | |||||||||||||||||||||||||||||
25 | Merancang perabotan/bangunan | |||||||||||||||||||||||||||||
26 | Bermain di suatu kelompok musik, group band atau orkesta | |||||||||||||||||||||||||||||
27 | Berlatih memainkan suatu instrumen musik | |||||||||||||||||||||||||||||
28 | Menghadiri pementasan, konser atau pertunjukan musik | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
29 | Membaca cerita fiksi | |||||||||||||||||||||||||||||
30 | Berkreasi dengan gambar-gambar atau foto | |||||||||||||||||||||||||||||
31 | Membaca naskah drama | |||||||||||||||||||||||||||||
32 | Membaca / menulis puisi | |||||||||||||||||||||||||||||
33 | Mengikuti kursus seni | |||||||||||||||||||||||||||||
34 | Menulis surat kepada teman | |||||||||||||||||||||||||||||
35 | Mengikuti kegiatan keagamaan | |||||||||||||||||||||||||||||
36 | Menjadi anggota perkumpulan sosial | |||||||||||||||||||||||||||||
37 | Menolong orang yang mempunyai masalah pribadi | |||||||||||||||||||||||||||||
38 | Mengurus anak-anak | |||||||||||||||||||||||||||||
39 | Menghadiri pesta | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
40 | Berkumpul dan bernyanyi bersama | |||||||||||||||||||||||||||||
41 | Membaca buku-buku psikologi | |||||||||||||||||||||||||||||
42 | Mengikuti rapat dan pertemuan | |||||||||||||||||||||||||||||
43 | Menghadiri pertandingan olahraga | |||||||||||||||||||||||||||||
44 | Mencari teman-teman baru | |||||||||||||||||||||||||||||
45 | Mempengaruhi orang lain | |||||||||||||||||||||||||||||
46 | Menjual sesuatu | |||||||||||||||||||||||||||||
47 | Mendiskusikan masalah-masalah politik | |||||||||||||||||||||||||||||
48 | Menjalankan usaha saya sendiri atau wiraswasta | |||||||||||||||||||||||||||||
49 | Mengikuti pertemuan | |||||||||||||||||||||||||||||
50 | Menjadi pembicara | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
51 | Menjadi pemimpin dari suatu kelompok | |||||||||||||||||||||||||||||
52 | Mengawasi pekerjaan orang lain | |||||||||||||||||||||||||||||
53 | Menemui orang-orang penting | |||||||||||||||||||||||||||||
54 | Memimpin kelompok mencapai suatu tujuan | |||||||||||||||||||||||||||||
55 | Berpartisipasi dalam kampanye politik | |||||||||||||||||||||||||||||
56 | Menjaga ruangan dan meja anda tetap rapi | |||||||||||||||||||||||||||||
57 | Mengetik surat/laporan baik untuk kepentingan diri sendiri atau orang lain | |||||||||||||||||||||||||||||
58 | Menjumlah, mengurangi, mengalikan dan membagi angka-angka dalam pembukuan | |||||||||||||||||||||||||||||
59 | Menjalankan peralatan-peralatan untuk pekerjaan rutin, misalnya komputer, | |||||||||||||||||||||||||||||
mesin foto copy dll. | ||||||||||||||||||||||||||||||
60 | Mencatat pengeluaran-pengeluaran secara detil | |||||||||||||||||||||||||||||
61 | Mengambil kursus mengetik/komputer | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
62 | Mengambil kursus kesekretariatan | |||||||||||||||||||||||||||||
63 | Mengambil kursus pembukuan | |||||||||||||||||||||||||||||
64 | Mengambil kursus akuntansi/hitung dagang | |||||||||||||||||||||||||||||
65 | Mengarsipkan surat-surat, laporan, catatan dsb. | |||||||||||||||||||||||||||||
66 | Menulis surat-surat bisnis/dagang | |||||||||||||||||||||||||||||
KOMPETENSI | ||||||||||||||||||||||||||||||
67 | Saya pernah menggunakan alat-alat pertukangan seperti gergaji, kuas, palu dsb. | |||||||||||||||||||||||||||||
68 | Saya tahu bagaimana menggunakan voltmeter | |||||||||||||||||||||||||||||
69 | Saya dapat mengatur karbulator | |||||||||||||||||||||||||||||
70 | Saya pernah mengoperasikan peralatan-peralatan seperti bor, atau gilingan daging | |||||||||||||||||||||||||||||
atau mesin jahit | ||||||||||||||||||||||||||||||
71 | Saya dapat memplitur lagi perabot kayu yang sudah kusam | |||||||||||||||||||||||||||||
72 | Saya dapat membaca blueprint (gambar rancangan bangunan) | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
73 | Saya dapat melakukan perbaikan kecil pada alat-alat listrik | |||||||||||||||||||||||||||||
74 | Saya dapat memperbaiki perabotan rumah tangga | |||||||||||||||||||||||||||||
75 | Saya dapat membuat gambar-gambar mekanik | |||||||||||||||||||||||||||||
76 | Saya dapat melakukan perbaikan-perbaikan kecil pada pesawat TV atau Radio | |||||||||||||||||||||||||||||
77 | Saya dapat melakukan perbaikan-perbaikan kecil pada pipa ledeng | |||||||||||||||||||||||||||||
78 | Saya memahami cara kerja alat penyedot debu | |||||||||||||||||||||||||||||
79 | Saya dapat menyebutkan tiga macam makanan yang mengandung kadar | |||||||||||||||||||||||||||||
protein tinggi | ||||||||||||||||||||||||||||||
80 | Saya memahami konsep induksi elektromagnetik | |||||||||||||||||||||||||||||
81 | Saya dapat menggunakan tabel logaritma | |||||||||||||||||||||||||||||
82 | Saya dapat menggunakan jangka sorong | |||||||||||||||||||||||||||||
83 | Saya dapat menggunakan mikroskop | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
84 | Saya dapat mengenali 3 gugus bintang-bintang | |||||||||||||||||||||||||||||
85 | Saya dapat menerangkan fungsi sel-sel darah putih | |||||||||||||||||||||||||||||
86 | Saya dapat memahami formula-formula kimia sederhana | |||||||||||||||||||||||||||||
87 | Saya mengerti mengapa satelit-satelit buatan tidak jatuh ke bumi | |||||||||||||||||||||||||||||
88 | Saya pernah berpartisipasi dalam suatu pameran/perlombaan ilmiah | |||||||||||||||||||||||||||||
89 | Saya dapat memainkan suatu alat musik | |||||||||||||||||||||||||||||
90 | Saya dapat berpartisipasi dalam koor/paduan suara yang memakai 2 atau 4 suara | |||||||||||||||||||||||||||||
91 | Saya dapat tampil sebagai pemain musik tunggal | |||||||||||||||||||||||||||||
92 | Saya dapat berakting dalam suatu drama/sandiwara | |||||||||||||||||||||||||||||
93 | Saya dapat membaca naskah puisi atau cerita dengan penuh penghayatan | |||||||||||||||||||||||||||||
94 | Saya dapat menari balet atau tari kreasi baru | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
95 | Saya dapat mensketsa orang, sehingga orang dalam sketsa itu dapat dikenali | |||||||||||||||||||||||||||||
96 | Saya dapat melukis/memahat | |||||||||||||||||||||||||||||
97 | Saya dapat membuat barang-barang keramik/porselin | |||||||||||||||||||||||||||||
98 | Saya dapat merancang pakaian, poster/perabotan | |||||||||||||||||||||||||||||
99 | Saya menulis cerita/puisi dengan baik | |||||||||||||||||||||||||||||
100 | Saya mampu menerangkan sesuatu pada orang lain dengan baik | |||||||||||||||||||||||||||||
101 | Saya pernah berpartisipasi dalam suatu kegiatan amal | |||||||||||||||||||||||||||||
102 | Saya dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain | |||||||||||||||||||||||||||||
103 | Saya mampu menghibur orang yang lebih tua dari saya | |||||||||||||||||||||||||||||
104 | Saya dapat menjadi tuan/nyonya rumah yang baik | |||||||||||||||||||||||||||||
105 | Saya dapat mengajar anak-anak dengan mudah | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
106 | Saya dapat merancang hiburan untuk suatu pesta | |||||||||||||||||||||||||||||
107 | Saya dapat menolong orang-orang yang bingung atau bermasalah dengan baik | |||||||||||||||||||||||||||||
108 | Saya pernah bekerja sebagai tenaga sukarela di rumah sakit, klinik, atau Panti asuhan | |||||||||||||||||||||||||||||
109 | Saya dapat merancang kegiatan sosial sekolah/keagamaan | |||||||||||||||||||||||||||||
110 | Saya dapat memperkirakan kepribadian seseorang dengan baik | |||||||||||||||||||||||||||||
111 | Saya pernah dipilih menjadi pengurus organisasi di sekolah atau kampus | |||||||||||||||||||||||||||||
112 | Saya dapat mengawasi pekerjaan orang lain | |||||||||||||||||||||||||||||
113 | Saya memiliki energi dan semangat yang luar biasa | |||||||||||||||||||||||||||||
114 | Saya cakap mengerahkan orang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan cara yang | |||||||||||||||||||||||||||||
saya inginkan | ||||||||||||||||||||||||||||||
115 | Saya seorang penjual yang baik | |||||||||||||||||||||||||||||
116 | Saya pernah memimpin suatu kelompok untuk menyampaikan saran atau keluhan | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
pada pejabat yang berwenang | ||||||||||||||||||||||||||||||
117 | Saya menerima penghargaan sebagai seorang penjual atau pemimpin yang baik | |||||||||||||||||||||||||||||
118 | Saya pernah mengurus sebuah perkumpulan atau kelompok | |||||||||||||||||||||||||||||
119 | Saya telah mulai menjalankan usaha saya sendiri | |||||||||||||||||||||||||||||
120 | Saya tahu bagaimana menjadi seorang pemimpin yang berhasil | |||||||||||||||||||||||||||||
121 | Saya seorang pendebat yang baik | |||||||||||||||||||||||||||||
122 | Saya dapat mengetik 40 kata per-menit | |||||||||||||||||||||||||||||
123 | Saya dapat mengoperasikan mesin fotocopy atau mesin hitung (Cas register) | |||||||||||||||||||||||||||||
124 | Saya dapat menulis steno (menulis cepat dengan simbul-simbul) | |||||||||||||||||||||||||||||
125 | Saya dapat mengarsip surat-surat | |||||||||||||||||||||||||||||
126 | Saya pernah memegang suatu jabatan di bagian tata usaha | |||||||||||||||||||||||||||||
127 | Saya dapat menggunakan program komputer pengolah data (Microsoft-word/exel dll.) | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
128 | Saya dapat membuat banyak laporan/surat dalam waktu singkat | |||||||||||||||||||||||||||||
129 | Saya dapat menggunakan facsimile atau printer dengan baik | |||||||||||||||||||||||||||||
130 | Saya dapat menggunakan program komputer basis data (D-Base, FoxPro dll) | |||||||||||||||||||||||||||||
131 | Saya dapat membukukan anggaran debet dan kredit | |||||||||||||||||||||||||||||
132 | Saya dapat menyimpan arsip pembayaran dan penjualan dengan teliti | |||||||||||||||||||||||||||||
PEKERJAAN | ||||||||||||||||||||||||||||||
133 | Teknisi pesawat terbang | |||||||||||||||||||||||||||||
134 | Ahli lingkungan | |||||||||||||||||||||||||||||
135 | Montir mobil | |||||||||||||||||||||||||||||
136 | Tukang kayu | |||||||||||||||||||||||||||||
137 | Operator mesin pengeruk | |||||||||||||||||||||||||||||
138 | Ahli survey tanah untuk pembangunan | |||||||||||||||||||||||||||||
139 | Pengawas bangunan | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
140 | Operator radio | |||||||||||||||||||||||||||||
141 | Petugas pom bensin | |||||||||||||||||||||||||||||
142 | Ahli kehutanan | |||||||||||||||||||||||||||||
143 | Sopir bis jarak jauh | |||||||||||||||||||||||||||||
144 | Ahli mesin | |||||||||||||||||||||||||||||
145 | Masinis | |||||||||||||||||||||||||||||
146 | Ahli listrik | |||||||||||||||||||||||||||||
147 | Ahli meteorologi | |||||||||||||||||||||||||||||
148 | Ahli Biologi | |||||||||||||||||||||||||||||
149 | Ahli Astronomi | |||||||||||||||||||||||||||||
150 | Teknisi laboratorium medis | |||||||||||||||||||||||||||||
151 | Ahli antropologi | |||||||||||||||||||||||||||||
152 | Ahli hewan | |||||||||||||||||||||||||||||
153 | Ahli kimia | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
154 | Ilmuwan/peneliti ilmiah | |||||||||||||||||||||||||||||
155 | Penulis artikel ilmiah | |||||||||||||||||||||||||||||
156 | Editor jurnal ilmiah | |||||||||||||||||||||||||||||
157 | Ahli geologi | |||||||||||||||||||||||||||||
158 | Ahli tumbuhan | |||||||||||||||||||||||||||||
159 | Pekerja pada penelitian ilmiah | |||||||||||||||||||||||||||||
160 | Ahli fisika | |||||||||||||||||||||||||||||
161 | Penyair | |||||||||||||||||||||||||||||
162 | Dirijen orkestra | |||||||||||||||||||||||||||||
163 | Musisi | |||||||||||||||||||||||||||||
164 | Pengarang | |||||||||||||||||||||||||||||
165 | Perancang iklan | |||||||||||||||||||||||||||||
166 | Penulis lepas | |||||||||||||||||||||||||||||
167 | Penata musik | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
168 | jurnalis | |||||||||||||||||||||||||||||
169 | Pelukis | |||||||||||||||||||||||||||||
170 | Penyanyi konser | |||||||||||||||||||||||||||||
171 | Komposer/Pengubah lagu | |||||||||||||||||||||||||||||
172 | Pematung | |||||||||||||||||||||||||||||
173 | Penulis naskah/dramawan | |||||||||||||||||||||||||||||
174 | Kartunis | |||||||||||||||||||||||||||||
175 | Ahli sosiologi | |||||||||||||||||||||||||||||
176 | Guru SMA/SMK | |||||||||||||||||||||||||||||
177 | Ahli kenakalan remaja | |||||||||||||||||||||||||||||
178 | Ahli terapi bicara | |||||||||||||||||||||||||||||
179 | Konselor pernikahan | |||||||||||||||||||||||||||||
180 | Kepala sekolah | |||||||||||||||||||||||||||||
181 | Pimpinan taman bermain | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
182 | Ahli Psikologi Klinis | |||||||||||||||||||||||||||||
183 | Guru ilmu sosial | |||||||||||||||||||||||||||||
184 | Pimpinan yayasan kesejahteraan | |||||||||||||||||||||||||||||
185 | Pemimpin kegiatan kaum muda | |||||||||||||||||||||||||||||
186 | Konselor pernikahan | |||||||||||||||||||||||||||||
187 | Pekerja dalam kasus-kasus psikiatrik | |||||||||||||||||||||||||||||
188 | Konselor pekerjaan | |||||||||||||||||||||||||||||
189 | Spekulan (pialang) | |||||||||||||||||||||||||||||
190 | Pemborong | |||||||||||||||||||||||||||||
191 | Eksekutif periklanan | |||||||||||||||||||||||||||||
192 | Distributor | |||||||||||||||||||||||||||||
193 | Produser acara TV | |||||||||||||||||||||||||||||
194 | Manajer hotel | |||||||||||||||||||||||||||||
195 | pelaku bisnis (Bankir, manajer dll.) | |||||||||||||||||||||||||||||
196 | Manajer restoran | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
197 | Pemimpin acara (MC) | |||||||||||||||||||||||||||||
198 | Pedagang | |||||||||||||||||||||||||||||
199 | Pedagang Real Estate | |||||||||||||||||||||||||||||
200 | Direktur penerbitan | |||||||||||||||||||||||||||||
201 | Promotor Olah Raga | |||||||||||||||||||||||||||||
202 | Manajer pemasaran | |||||||||||||||||||||||||||||
203 | Petugas pembukuan | |||||||||||||||||||||||||||||
204 | Pegawai kantor Pos | |||||||||||||||||||||||||||||
205 | Pengkaji anggaran belanja | |||||||||||||||||||||||||||||
206 | Akuntan publik | |||||||||||||||||||||||||||||
207 | Pemeriksa kredit | |||||||||||||||||||||||||||||
208 | Penulis steno di pengadilan | |||||||||||||||||||||||||||||
209 | Teller di Bank | |||||||||||||||||||||||||||||
210 | Ahli pajak | 0 | ||||||||||||||||||||||||||||
211 | Pengontrol inventaris atau persediaan barang | |||||||||||||||||||||||||||||
212 | Operator mesin industri | |||||||||||||||||||||||||||||
213 | Analis keuangan | |||||||||||||||||||||||||||||
214 | Juru taksir real estate | |||||||||||||||||||||||||||||
215 | Pengolah data statistik | |||||||||||||||||||||||||||||
216 | Kepala tata usaha | |||||||||||||||||||||||||||||
BERILAH PENILAIAN TENTANG KEMAMPUAN DIRI ANDA DENGAN | ||||||||||||||||||||||||||||||
MENGGUNAKAN PENILAIAN 1 SAMPAI DENGAN 7 | ||||||||||||||||||||||||||||||
NILAI 1 BERARTI TIDAK SUKA/MINAT SAMA SEKALI | ||||||||||||||||||||||||||||||
NILAI 4 BERARTI ANDA CUKUP BERMINAT | ||||||||||||||||||||||||||||||
NILAI 7 BERARTI ANDA SANGAT SUKA / MINAT TERHADAP BIDANG PEKERJAAN INI | ||||||||||||||||||||||||||||||
217 | Kemampuan bidang mekanik | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||
218 | Kemampuan bidang ilmiah | 6 | 6 | |||||||||||||||||||||||||||
219 | Kemampuan bidang Artistik | 4 | 4 | |||||||||||||||||||||||||||
220 | Kemampuan bidang Mengajar | 9 | 9 | |||||||||||||||||||||||||||
221 | Kemampuan bidang Menjual | 5 | 5 | |||||||||||||||||||||||||||
222 | Kemampuan bidang Klerikal (Administrasi perkantoran) | 4 | 4 | |||||||||||||||||||||||||||
223 | Kemampuan bidang ketrampilan tangan | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||
224 | Kemampuan bidang Menghitung (Matematika) | 7 | 7 | |||||||||||||||||||||||||||
225 | Kemampuan bidang musikal | 2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||
226 | Keramahan | 4 | 4 | |||||||||||||||||||||||||||
227 | Keahlian dalam memimpin (mempengaruhi) | 5 | 5 | |||||||||||||||||||||||||||
228 | Keahlian dalam mengerjakan pekerjaan kantor | 6 | 6 | |||||||||||||||||||||||||||
56 | 0 | 4 | # | 6 | # | # | # | |||||||||||||||||||||||
ANALISA HASIL TES MINAT & KEPRIBADIAN | ||||||||||||||||||||||||||||||
PERHATIKAN SCORE ANDA YANG PALING TINGGI | ||||||||||||||||||||||||||||||
NO | BIDANG | SCORE | KETERANGAN | |||||||||||||||||||||||||||
1 | REALISTIK | 4 | Cenderung memilih aktivitas yang bersifat nyata, teratur | |||||||||||||||||||||||||||
dan sistematis. Senang melakukan sesuatu yang berhu- | ||||||||||||||||||||||||||||||
bungan dengan benda-benda, alat, mesin atau hewan. | ||||||||||||||||||||||||||||||
Umumnya cenderung mampu dalam hal mekanik, elektrik | ||||||||||||||||||||||||||||||
pertanian & teknik. Akan tetapi cenderung kurang memiliki | ||||||||||||||||||||||||||||||
kemampuan dalam hubungan sosial. Orang seperti ini | ||||||||||||||||||||||||||||||
memiliki sifat praktis, terus terang, keras kepala, kurang | ||||||||||||||||||||||||||||||
fleksibel, kaku, tidak suka menonjolkan diri dan kurang | ||||||||||||||||||||||||||||||
memiliki minat sosial. Orang tipe ini memilih pekerjaan-pe- | ||||||||||||||||||||||||||||||
kerjaan dalam bidang seperti teknik, mekanik dan pertanian | ||||||||||||||||||||||||||||||
2 | INTELEKTUAL | 13 | Cenderung memilih aktivitas yang berhubungan dengan penye- | |||||||||||||||||||||||||||
lidikan atau pengamatan yang sistematis terhadap budaya, biolo- | ||||||||||||||||||||||||||||||
gi maupun fisika agar dapat mengerti dan mengontrol hal-hal | ||||||||||||||||||||||||||||||
tersebut. Tipe seperti ini memiliki sifat analitis, kritis, ingin | ||||||||||||||||||||||||||||||
tahu, rasional, suka bekerja sendiri. Cenderung memiliki ke- | ||||||||||||||||||||||||||||||
mampuan matamatik dan ilmiah serta kurang dalam kemampu- | ||||||||||||||||||||||||||||||
an kepemimpinan. Tipe ini menyukai pekerjaan-pekerjaan | ||||||||||||||||||||||||||||||
seperti peneliti, analis riset pasar, ahli astronomi, ahli antro- | ||||||||||||||||||||||||||||||
pologi dll. | ||||||||||||||||||||||||||||||
3 | ARTISTIK | 6 | Cenderung memilih aktifitas yang ambigius, bebas dan tidak | |||||||||||||||||||||||||||
sistematis. Senang memanipulasi benda, verbal maupun tubuh | ||||||||||||||||||||||||||||||
manusia untuk menciptakan suatu bentuk seni. Cenderung me- | ||||||||||||||||||||||||||||||
miliki kemampuan dibidang seni - bahasa, musik, drama, tulis | ||||||||||||||||||||||||||||||
menulis, puisi. Akan tetapi cenderung kurang mampu dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||
bidang klerikal (administrasi/perkantoran). Tipe ini memiliki | ||||||||||||||||||||||||||||||
sifat sulit diatur, emosional, ekspresif, idealistik, tidak praktis | ||||||||||||||||||||||||||||||
imajinatif, menyukai kebebasan, kreatif, sensitif, orisinal, ti- | ||||||||||||||||||||||||||||||
dak suka ikut-ikutan. Menyukai pekerjaan yang berhubungan | ||||||||||||||||||||||||||||||
dengan seni, musik, drama, tari, tulis-menulis, bahasa, desain. | ||||||||||||||||||||||||||||||
4 | SOSIAL | 13 | Cenderung memilih aktivitas yang berhubungan/melibatkan | |||||||||||||||||||||||||||
orang lain. Seperti memberi informasi, melatih, mengembang- | ||||||||||||||||||||||||||||||
kan maupun menyembuhkan. Cenderung memiliki kemampu- | ||||||||||||||||||||||||||||||
an dalam hubungan interpersonal seperti memahami orang la- | ||||||||||||||||||||||||||||||
in, mengajar serta kurang mampu dalam hal-hal yang bersifat | ||||||||||||||||||||||||||||||
keteknikan. Orang tipe ini memiliki sifat senang menolong | ||||||||||||||||||||||||||||||
orang lain, kooperatif, sabar, ramah, bersahabat, empatik, per- | ||||||||||||||||||||||||||||||
suasif, hangat, pengertian dan bijaksana. Tipe ini suka dengan | ||||||||||||||||||||||||||||||
pekerjaan humas, pekerja sosial, psikolog, konselor, rohani- | ||||||||||||||||||||||||||||||
wan dll. | ||||||||||||||||||||||||||||||
5 | ENTERPRISING | 10 | Cenderung memilih aktivitas yang bersifat mempengaruhi | |||||||||||||||||||||||||||
orang lain. Semangatnya besar & energik, serta berani me- | ||||||||||||||||||||||||||||||
ngambil resiko. Cenderung menolak aktivitas-aktivitas yang | ||||||||||||||||||||||||||||||
bersifat sistematis dan penyelidikan/penelitian. Cenderung | ||||||||||||||||||||||||||||||
memiliki kemampuan dalam bidang kepemimpinan dan hubu- | ||||||||||||||||||||||||||||||
ngan interpersonal serta kurang mampu dalam bidang | ||||||||||||||||||||||||||||||
pelatihan ilmiah. Orang tipe ini memiliki sifat ambisius, ingin | ||||||||||||||||||||||||||||||
populer, percaya diri, ingin memimpin, ramah, energik, pandai | ||||||||||||||||||||||||||||||
mempengaruhi orang lain, banyak bicara, suka menonjolkan | ||||||||||||||||||||||||||||||
diri. Umumnya memilih pekerjaan seperti entertainer, market- | ||||||||||||||||||||||||||||||
ing, pengacara, jaksa, politikus, broker dll. | ||||||||||||||||||||||||||||||
6 | KONVENSIONAL | 10 | Cenderung memilih aktivitas yang sistematis dan teratur. Me- | |||||||||||||||||||||||||||
nyenangi aktivitas yang berhubungan dengan data seperti me- | ||||||||||||||||||||||||||||||
nyimpan catatan, mengumpulkan/mengatur data, melakukan | ||||||||||||||||||||||||||||||
filing data. Umumnya menolak aktivitas yang ambigius, bebas | ||||||||||||||||||||||||||||||
dan tidak sistematis. Cenderung memiliki kemampuan dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||
bidang klerikal dan sistem bisnis serta kurang mampu dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||
bidang artistik. Tipe seperti ini memiliki sifat teliti, hangat, so- | ||||||||||||||||||||||||||||||
pan-santun, rapi, patuh, kurang imajinatif, kurang fleksibel, | ||||||||||||||||||||||||||||||
praktis, hati-hati, teratur. Umumnya memilih pekerjaan dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||
bidang Akuntansi, sekretaris, pegawai Administrasi kantor, | ||||||||||||||||||||||||||||||
teller bank, bagian pembukuan. | ||||||||||||||||||||||||||||||
|
GRAFIK MINAT & KEPRIBADIAN ANDA | |||||||||||||||||||||||||||||
4 | 13 | 6 | 13 | 10 | 10 | |||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
Rabu, 22 Februari 2012
TEST MINAT KEPRIBADIAN & KARIR
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tes ini berguna untuk mengetahui sebagian Minat dan kepribadian siswa. Dengan tes ini juga kita bisa membantu dalam mempersiapkan jurusan dan karir...
BalasHapus