TEST MINAT KEPRIBADIAN & KARIR |
|
|
|
|
|
|
|
Jawablah soal-soal
di bawah ini dengan memberi angka 1 pada kolom di bawah jawaban YA (bila
jawaban |
|
|
|
|
|
|
|
anda
sesuai/senang/pernah melakukan) dan TDK (bila jawaban tidak sesuai/tidak
senang) |
|
|
|
|
|
|
|
NO |
SOAL
- SOAL |
JAWABAN |
|
|
|
|
|
|
|
YA |
TDK |
|
|
|
|
|
|
|
|
KEGIATAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Memperbaiki barang-barang
elektronik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Memperbaiki mobil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Memperbaiki
barang-barang mekanik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
membuat barang-barang
dari kayu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
mengemudikan truk/traktor |
|
|
|
|
0 |
|
|
|
|
|
|
6 |
Menggunakan alat-alat
perbengkelan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Pekerjaan yang
berhubungan dengan motor / mobil balap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Mengikuti pelatihan
perbengkelan/reparasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Mengikuti pelatihan
menggambar mekanik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Mengikuti pelatihan
pertukangan (kayu) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Mengikuti pelatihan
montir mobil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Membaca buku/majalah
ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Bekerja di laboratorium |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Bekerja dalam suatu
proyek ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
membuat miniatur rumah
atau model pesawat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
Bekerja dengan perangkat
kimia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
Membaca tentang
topik-topik yang menarik buat saya |
|
|
|
0 |
|
|
|
|
|
18 |
Memecahkan persoalan
matematika atau problem catur |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
Mengikuti kursus fisika |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
Mengikuti kursus kimia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
Mengikuti kursus geometri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22 |
Mengikuti kursus biologi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23 |
Membuat sketsa,
menggambar, atau melukis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24 |
Menghadiri pertunjukan
drama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25 |
Merancang
perabotan/bangunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26 |
Bermain di suatu kelompok
musik, group band atau orkesta |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27 |
Berlatih memainkan suatu
instrumen musik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28 |
Menghadiri pementasan,
konser atau pertunjukan musik |
|
|
|
|
0 |
|
|
|
|
29 |
Membaca cerita fiksi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30 |
Berkreasi dengan
gambar-gambar atau foto |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31 |
Membaca naskah drama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32 |
Membaca / menulis puisi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33 |
Mengikuti kursus seni |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34 |
Menulis surat kepada
teman |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35 |
Mengikuti kegiatan
keagamaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36 |
Menjadi anggota
perkumpulan sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37 |
Menolong orang yang
mempunyai masalah pribadi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38 |
Mengurus anak-anak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39 |
Menghadiri pesta |
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
|
40 |
Berkumpul dan bernyanyi
bersama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
41 |
Membaca buku-buku
psikologi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42 |
Mengikuti rapat dan
pertemuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43 |
Menghadiri pertandingan
olahraga |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
44 |
Mencari teman-teman baru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
45 |
Mempengaruhi orang lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
46 |
Menjual sesuatu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47 |
Mendiskusikan
masalah-masalah politik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
48 |
Menjalankan usaha saya
sendiri atau wiraswasta |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
49 |
Mengikuti pertemuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 |
Menjadi pembicara |
|
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
51 |
Menjadi pemimpin dari
suatu kelompok |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
52 |
Mengawasi pekerjaan orang
lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
53 |
Menemui orang-orang
penting |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
54 |
Memimpin kelompok
mencapai suatu tujuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
55 |
Berpartisipasi dalam
kampanye politik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
56 |
Menjaga ruangan dan meja
anda tetap rapi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
57 |
Mengetik surat/laporan
baik untuk kepentingan diri sendiri atau orang lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
58 |
Menjumlah, mengurangi,
mengalikan dan membagi angka-angka dalam pembukuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
59 |
Menjalankan
peralatan-peralatan untuk pekerjaan rutin, misalnya komputer, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
mesin foto copy dll. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
60 |
Mencatat
pengeluaran-pengeluaran secara detil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
61 |
Mengambil kursus
mengetik/komputer |
|
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
62 |
Mengambil kursus
kesekretariatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
63 |
Mengambil kursus
pembukuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
64 |
Mengambil kursus
akuntansi/hitung dagang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
65 |
Mengarsipkan surat-surat,
laporan, catatan dsb. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
66 |
Menulis surat-surat
bisnis/dagang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
67 |
Saya pernah menggunakan
alat-alat pertukangan seperti gergaji, kuas, palu dsb. |
|
|
|
|
|
|
|
68 |
Saya tahu bagaimana
menggunakan voltmeter |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
69 |
Saya dapat mengatur
karbulator |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
70 |
Saya pernah
mengoperasikan peralatan-peralatan seperti bor, atau gilingan daging |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
atau mesin jahit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
71 |
Saya dapat memplitur lagi
perabot kayu yang sudah kusam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
72 |
Saya dapat membaca
blueprint (gambar rancangan bangunan) |
|
|
0 |
|
|
|
|
|
|
73 |
Saya dapat melakukan
perbaikan kecil pada alat-alat listrik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
74 |
Saya dapat memperbaiki
perabotan rumah tangga |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
75 |
Saya dapat membuat
gambar-gambar mekanik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
76 |
Saya dapat melakukan
perbaikan-perbaikan kecil pada pesawat TV atau Radio |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
77 |
Saya dapat melakukan
perbaikan-perbaikan kecil pada pipa ledeng |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
78 |
Saya memahami cara kerja
alat penyedot debu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
79 |
Saya dapat menyebutkan
tiga macam makanan yang mengandung kadar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
protein tinggi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
80 |
Saya memahami konsep
induksi elektromagnetik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
81 |
Saya dapat menggunakan
tabel logaritma |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
82 |
Saya dapat menggunakan
jangka sorong |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
83 |
Saya dapat menggunakan
mikroskop |
|
|
|
|
0 |
|
|
|
|
|
84 |
Saya dapat mengenali 3
gugus bintang-bintang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
85 |
Saya dapat menerangkan
fungsi sel-sel darah putih |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
86 |
Saya dapat memahami formula-formula kimia
sederhana |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
87 |
Saya mengerti mengapa
satelit-satelit buatan tidak jatuh ke bumi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
88 |
Saya pernah
berpartisipasi dalam suatu pameran/perlombaan ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
89 |
Saya dapat memainkan
suatu alat musik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
90 |
Saya dapat berpartisipasi
dalam koor/paduan suara yang memakai 2 atau 4 suara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
91 |
Saya dapat tampil sebagai
pemain musik tunggal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
92 |
Saya dapat berakting
dalam suatu drama/sandiwara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
93 |
Saya dapat membaca naskah
puisi atau cerita dengan penuh penghayatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
94 |
Saya dapat menari balet
atau tari kreasi baru |
|
|
|
|
|
0 |
|
|
|
|
95 |
Saya dapat mensketsa
orang, sehingga orang dalam sketsa itu dapat dikenali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
96 |
Saya dapat
melukis/memahat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
97 |
Saya dapat membuat
barang-barang keramik/porselin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
98 |
Saya dapat merancang
pakaian, poster/perabotan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
99 |
Saya menulis cerita/puisi
dengan baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
100 |
Saya mampu menerangkan
sesuatu pada orang lain dengan baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
101 |
Saya pernah
berpartisipasi dalam suatu kegiatan amal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
102 |
Saya dapat bekerja sama
dengan baik dengan orang lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
103 |
Saya mampu menghibur
orang yang lebih tua dari saya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
104 |
Saya dapat menjadi
tuan/nyonya rumah yang baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
105 |
Saya dapat mengajar
anak-anak dengan mudah |
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
|
106 |
Saya dapat merancang
hiburan untuk suatu pesta |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
107 |
Saya dapat menolong
orang-orang yang bingung atau bermasalah dengan baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
108 |
Saya pernah bekerja
sebagai tenaga sukarela di rumah sakit, klinik, atau Panti asuhan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
109 |
Saya dapat merancang
kegiatan sosial sekolah/keagamaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
110 |
Saya dapat memperkirakan
kepribadian seseorang dengan baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
111 |
Saya pernah dipilih
menjadi pengurus organisasi di sekolah atau kampus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
112 |
Saya dapat mengawasi
pekerjaan orang lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
113 |
Saya memiliki energi dan
semangat yang luar biasa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
114 |
Saya cakap mengerahkan
orang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan cara yang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
saya inginkan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
115 |
Saya seorang penjual yang
baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
116 |
Saya pernah memimpin
suatu kelompok untuk menyampaikan saran atau keluhan |
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
|
pada pejabat yang
berwenang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
117 |
Saya menerima penghargaan
sebagai seorang penjual atau pemimpin yang baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
118 |
Saya pernah mengurus
sebuah perkumpulan atau kelompok |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
119 |
Saya telah mulai
menjalankan usaha saya sendiri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
120 |
Saya tahu bagaimana
menjadi seorang pemimpin yang berhasil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
121 |
Saya seorang pendebat
yang baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
122 |
Saya dapat mengetik 40
kata per-menit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
123 |
Saya dapat mengoperasikan
mesin fotocopy atau mesin hitung (Cas register) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
124 |
Saya dapat menulis steno
(menulis cepat dengan simbul-simbul) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
125 |
Saya dapat mengarsip
surat-surat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
126 |
Saya pernah memegang
suatu jabatan di bagian tata usaha |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
127 |
Saya dapat menggunakan
program komputer pengolah data (Microsoft-word/exel dll.) |
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
128 |
Saya dapat membuat banyak
laporan/surat dalam waktu singkat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
129 |
Saya dapat menggunakan
facsimile atau printer dengan baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
130 |
Saya dapat menggunakan program komputer basis data
(D-Base, FoxPro dll) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
131 |
Saya dapat membukukan
anggaran debet dan kredit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
132 |
Saya dapat menyimpan
arsip pembayaran dan penjualan dengan teliti |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PEKERJAAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
133 |
Teknisi pesawat terbang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
134 |
Ahli lingkungan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
135 |
Montir mobil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
136 |
Tukang kayu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
137 |
Operator mesin pengeruk |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
138 |
Ahli survey tanah untuk
pembangunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
139 |
Pengawas bangunan |
|
|
|
|
0 |
|
|
|
|
|
|
140 |
Operator radio |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
141 |
Petugas pom bensin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
142 |
Ahli kehutanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
143 |
Sopir bis jarak jauh |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
144 |
Ahli mesin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
145 |
Masinis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
146 |
Ahli listrik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
147 |
Ahli meteorologi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
148 |
Ahli Biologi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
149 |
Ahli Astronomi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
150 |
Teknisi laboratorium
medis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
151 |
Ahli antropologi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
152 |
Ahli hewan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
153 |
Ahli kimia |
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
|
|
|
154 |
Ilmuwan/peneliti ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
155 |
Penulis artikel ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
156 |
Editor jurnal ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
157 |
Ahli geologi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
158 |
Ahli tumbuhan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
159 |
Pekerja pada penelitian
ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
160 |
Ahli fisika |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
161 |
Penyair |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
162 |
Dirijen orkestra |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
163 |
Musisi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
164 |
Pengarang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
165 |
Perancang iklan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
166 |
Penulis lepas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
167 |
Penata musik |
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
|
|
168 |
jurnalis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
169 |
Pelukis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
170 |
Penyanyi konser |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
171 |
Komposer/Pengubah lagu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
172 |
Pematung |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
173 |
Penulis naskah/dramawan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
174 |
Kartunis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
175 |
Ahli sosiologi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
176 |
Guru SMA/SMK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
177 |
Ahli kenakalan remaja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
178 |
Ahli terapi bicara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
179 |
Konselor pernikahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
180 |
Kepala sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
181 |
Pimpinan taman bermain |
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
|
182 |
Ahli Psikologi Klinis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
183 |
Guru ilmu sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
184 |
Pimpinan yayasan
kesejahteraan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
185 |
Pemimpin kegiatan kaum
muda |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
186 |
Konselor pernikahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
187 |
Pekerja dalam kasus-kasus
psikiatrik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
188 |
Konselor pekerjaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
189 |
Spekulan (pialang) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
190 |
Pemborong |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
191 |
Eksekutif periklanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
192 |
Distributor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
193 |
Produser acara TV |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
194 |
Manajer hotel |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
195 |
pelaku bisnis (Bankir,
manajer dll.) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
196 |
Manajer restoran |
|
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
|
197 |
Pemimpin acara (MC) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
198 |
Pedagang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
199 |
Pedagang Real Estate |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
200 |
Direktur penerbitan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
201 |
Promotor Olah Raga |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
202 |
Manajer pemasaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
203 |
Petugas pembukuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
204 |
Pegawai kantor Pos |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
205 |
Pengkaji anggaran belanja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
206 |
Akuntan publik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
207 |
Pemeriksa kredit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
208 |
Penulis steno di
pengadilan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
209 |
Teller di Bank |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
210 |
Ahli pajak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 |
|
211 |
Pengontrol inventaris
atau persediaan barang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
212 |
Operator mesin industri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
213 |
Analis keuangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
214 |
Juru taksir real estate |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
215 |
Pengolah data statistik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
216 |
Kepala tata usaha |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BERILAH PENILAIAN TENTANG KEMAMPUAN DIRI ANDA DENGAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENGGUNAKAN PENILAIAN
1 SAMPAI DENGAN 7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI 1 BERARTI TIDAK SUKA/MINAT SAMA SEKALI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI 4 BERARTI ANDA
CUKUP BERMINAT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI 7 BERARTI ANDA SANGAT SUKA / MINAT TERHADAP BIDANG
PEKERJAAN INI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
217 |
Kemampuan bidang mekanik |
|
2 |
|
2 |
|
|
|
|
|
|
218 |
Kemampuan bidang ilmiah |
|
|
6 |
|
|
6 |
|
|
|
|
|
219 |
Kemampuan bidang Artistik |
|
4 |
|
|
|
4 |
|
|
|
|
220 |
Kemampuan bidang Mengajar |
|
9 |
|
|
|
|
9 |
|
|
|
221 |
Kemampuan bidang Menjual |
|
5 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
222 |
Kemampuan bidang Klerikal
(Administrasi perkantoran) |
4 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
223 |
Kemampuan bidang
ketrampilan tangan |
|
2 |
|
2 |
|
|
|
|
|
|
224 |
Kemampuan bidang
Menghitung (Matematika) |
|
7 |
|
|
7 |
|
|
|
|
|
225 |
Kemampuan bidang musikal |
|
2 |
|
|
|
2 |
|
|
|
|
226 |
Keramahan |
|
|
|
4 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
227 |
Keahlian dalam memimpin
(mempengaruhi) |
|
5 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
228 |
Keahlian dalam
mengerjakan pekerjaan kantor |
|
6 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
56 |
0 |
4 |
# |
6 |
# |
# |
# |
|
ANALISA HASIL TES
MINAT & KEPRIBADIAN |
|
|
|
|
|
|
|
PERHATIKAN SCORE ANDA YANG PALING TINGGI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
BIDANG |
SCORE |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
REALISTIK |
4 |
Cenderung memilih
aktivitas yang bersifat nyata, teratur |
|
|
|
|
|
|
|
|
dan
sistematis. Senang melakukan sesuatu yang berhu- |
|
|
|
|
|
|
|
|
bungan
dengan benda-benda, alat, mesin atau hewan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
Umumnya cenderung mampu dalam hal mekanik,
elektrik |
|
|
|
|
|
|
|
pertanian & teknik. Akan tetapi cenderung
kurang memiliki |
|
|
|
|
|
|
|
kemampuan
dalam hubungan sosial. Orang seperti ini |
|
|
|
|
|
|
|
|
memiliki sifat praktis, terus terang, keras
kepala, kurang |
|
|
|
|
|
|
|
fleksibel,
kaku, tidak suka menonjolkan diri dan kurang |
|
|
|
|
|
|
|
|
memiliki minat sosial. Orang tipe ini memilih
pekerjaan-pe- |
|
|
|
|
|
|
|
kerjaan dalam bidang seperti teknik, mekanik
dan pertanian |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
INTELEKTUAL |
13 |
Cenderung
memilih aktivitas yang berhubungan dengan penye- |
|
|
|
|
|
|
|
lidikan atau pengamatan yang sistematis
terhadap budaya, biolo- |
|
|
|
|
|
|
|
gi maupun fisika agar dapat mengerti dan
mengontrol hal-hal |
|
|
|
|
|
|
|
tersebut. Tipe seperti ini memiliki sifat
analitis, kritis, ingin |
|
|
|
|
|
|
|
tahu, rasional, suka bekerja sendiri.
Cenderung memiliki ke- |
|
|
|
|
|
|
|
mampuan matamatik dan ilmiah serta kurang
dalam kemampu- |
|
|
|
|
|
|
|
an kepemimpinan. Tipe ini menyukai
pekerjaan-pekerjaan |
|
|
|
|
|
|
|
seperti peneliti, analis riset pasar, ahli
astronomi, ahli antro- |
|
|
|
|
|
|
|
pologi dll. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
ARTISTIK |
6 |
Cenderung
memilih aktifitas yang ambigius, bebas dan tidak |
|
|
|
|
|
|
|
sistematis. Senang memanipulasi benda, verbal
maupun tubuh |
|
|
|
|
|
|
|
manusia untuk menciptakan suatu bentuk seni.
Cenderung me- |
|
|
|
|
|
|
|
miliki kemampuan dibidang seni - bahasa,
musik, drama, tulis |
|
|
|
|
|
|
|
menulis, puisi. Akan tetapi cenderung kurang
mampu dalam |
|
|
|
|
|
|
|
bidang klerikal (administrasi/perkantoran).
Tipe ini memiliki |
|
|
|
|
|
|
|
sifat sulit diatur, emosional, ekspresif,
idealistik, tidak praktis |
|
|
|
|
|
|
|
imajinatif, menyukai kebebasan, kreatif,
sensitif, orisinal, ti- |
|
|
|
|
|
|
|
dak suka ikut-ikutan. Menyukai pekerjaan yang
berhubungan |
|
|
|
|
|
|
|
dengan seni, musik, drama, tari,
tulis-menulis, bahasa, desain. |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
SOSIAL |
13 |
Cenderung
memilih aktivitas yang berhubungan/melibatkan |
|
|
|
|
|
|
|
orang lain. Seperti memberi informasi,
melatih, mengembang- |
|
|
|
|
|
|
|
kan maupun menyembuhkan. Cenderung memiliki
kemampu- |
|
|
|
|
|
|
|
an dalam hubungan interpersonal seperti
memahami orang la- |
|
|
|
|
|
|
|
in, mengajar serta kurang mampu dalam hal-hal
yang bersifat |
|
|
|
|
|
|
|
keteknikan. Orang tipe ini memiliki sifat
senang menolong |
|
|
|
|
|
|
|
orang lain, kooperatif, sabar, ramah,
bersahabat, empatik, per- |
|
|
|
|
|
|
|
suasif, hangat, pengertian dan bijaksana. Tipe
ini suka dengan |
|
|
|
|
|
|
|
pekerjaan humas, pekerja sosial, psikolog,
konselor, rohani- |
|
|
|
|
|
|
|
wan dll. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
ENTERPRISING |
10 |
Cenderung
memilih aktivitas yang bersifat mempengaruhi |
|
|
|
|
|
|
|
orang lain. Semangatnya besar & energik,
serta berani me- |
|
|
|
|
|
|
|
ngambil resiko. Cenderung menolak
aktivitas-aktivitas yang |
|
|
|
|
|
|
|
bersifat sistematis dan
penyelidikan/penelitian. Cenderung |
|
|
|
|
|
|
|
memiliki kemampuan dalam bidang kepemimpinan
dan hubu- |
|
|
|
|
|
|
|
ngan
interpersonal serta kurang mampu dalam bidang |
|
|
|
|
|
|
|
|
pelatihan ilmiah. Orang tipe ini memiliki
sifat ambisius, ingin |
|
|
|
|
|
|
|
populer, percaya diri, ingin memimpin, ramah,
energik, pandai |
|
|
|
|
|
|
|
mempengaruhi orang lain, banyak bicara, suka
menonjolkan |
|
|
|
|
|
|
|
diri. Umumnya memilih pekerjaan seperti
entertainer, market- |
|
|
|
|
|
|
|
ing,
pengacara, jaksa, politikus, broker dll. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
KONVENSIONAL |
10 |
Cenderung
memilih aktivitas yang sistematis dan teratur. Me- |
|
|
|
|
|
|
|
nyenangi aktivitas yang berhubungan dengan
data seperti me- |
|
|
|
|
|
|
|
nyimpan catatan, mengumpulkan/mengatur data,
melakukan |
|
|
|
|
|
|
|
filing data. Umumnya menolak aktivitas yang
ambigius, bebas |
|
|
|
|
|
|
|
dan tidak sistematis. Cenderung memiliki
kemampuan dalam |
|
|
|
|
|
|
|
bidang klerikal dan sistem bisnis serta kurang
mampu dalam |
|
|
|
|
|
|
|
bidang artistik. Tipe seperti ini memiliki
sifat teliti, hangat, so- |
|
|
|
|
|
|
|
pan-santun, rapi, patuh, kurang imajinatif,
kurang fleksibel, |
|
|
|
|
|
|
|
praktis, hati-hati, teratur. Umumnya memilih
pekerjaan dalam |
|
|
|
|
|
|
|
bidang Akuntansi, sekretaris, pegawai
Administrasi kantor, |
|
|
|
|
|
|
|
teller
bank, bagian pembukuan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GRAFIK MINAT
& KEPRIBADIAN ANDA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
13 |
6 |
13 |
10 |
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tes ini berguna untuk mengetahui sebagian Minat dan kepribadian siswa. Dengan tes ini juga kita bisa membantu dalam mempersiapkan jurusan dan karir...
BalasHapus